Minggu, 27 Mei 2012

Bikin QRCode Disertai Foto

QR Code adalah barcode 2 dimensi dimana didalamnya bisa termuat informasi tertentu misalnya alamat website, koordinat Google Map, Informasi Kontak dan sebagainya. Dulu saya pernah menulis tentang membuat QRCode disertai logo/gambar dengan menggunakan Photoshop. Kini ada website yang bisa membuat QR Code disertai foto secara online. Jadi lebih cepat daripada utak atik manual dengan Photoshop.
Sampelnya seperti ini:

Qr bisa juga diisi text.

Tampilan lain

Untuk membuatnya caranya cukup simple, silakan kunjungi qrhacker.com. Cara penggunaannya seperti ini:
  • Di Input Type pilih sesuai keinginan Anda. Qr bisa diisi dengan Text, URL, No Telepon, VCard /Kontak serta WiFi Access (buat Android).
  • Kemudian klik Generate.
  • Di sebelah kanan Anda bisa memodifikasi QR dengan QR Style, Gambar Background maupun Foreground. Disini Anda bisa upload foto Anda. Sebaiknya yang bernuansa agak gelap, biar bisa terbaca. Kalau terlalu terang akan susah dibaca QR reader.
  • Setelah selesai klik Save QR.
  • Hasil akhir bisa berupai gambar/pdf. Namun sayangnya saat menyimpan tidak terdapat ektensi file, jadi harus ditambahi/dirubah sendiri. Semisal file namenya qrhacker.com diubah jadi qrhacker.jpg.
Agar foto bisa terlihat utuh (tidak ketutup warna dasar putih seperti sampel ketiga), Anda dapat upload foto yang sama di foreground dan background. Kemudian di bagian background capacitynya dirubah jadi sekitar 30-40 persen. Hasilnya seperti sampel pertama dan kedua diatas.
Semoga Bermanfaat
 ABDUL BAZID@BLOGSPOT.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar